TIPS MERAWAT RANTAI/GEAR MOTOR

Posted: May 4, 2013 in Hellichal Gear, Wormgear

Berikut diulas bagaimana cara memperpanjang masa pakai rantai maupun gear untuk motor kita, namun bisa juga digunakan pada mesin2 lain yang menggunakan rantai dan gear.

cara merawat Biasa:
1. Ketegangan rantai minimal 2cm, maksimal 3,5cm
2. bersihkan kotoran dari tanah maupun kerikil yang menempel di rantai
3. bila terkena air hujan atau setelah mencuci segera semprot dengan oli semprot khusus rantai,

sampai saat ini baru oli semprot lah yang cocok untuk melumasi rantai, sedangkan gemuk titanium sudah tidak bagus diterapkan karena mudah ditempeli debu yang mengakibatkan seretnya pin-pin rantai.

Cara merawat yang tidak biasa, namun jauh lebih baik dari cara normal :
1. kalau rantai udah oblak-oblek dan otak-otek, sebaiknya dilepas saja, kemudian pasang lagi secara posisi terbalik, karena posisi terbalik rantai ini masih bagus dan belum kemakan gear belakang. TAPI INGAT, klip pengoci arah pantatnya harus menghadap arus putaran rantai, jangan ikutan dibalik!
2. sebaiknya lakukan secara rutin dua bulan sekali membalik rantai, supaya rantai tidak mudah rusak
3. kalau gear udah miring-miring atau tajem-tajem, sebaiknya dilepas saja, kemudian dipasang lagi dengan cara membalik sisinya, yang tadinya sisi luar berubah menjadi sisi dalam.
4. sebaiknya lakukan pemindahan gear ini setiap 3 bulan sekali.

yang tidak boleh dilakukan terhadap rantai:
1. dilumasi dengan oli bekas. (oli bekas mengandung gram dan senyawa karbon yang berdampak buruk pada elemen fe/besi)
2. terkena bensin, bisa bikin kering rantai
3. terkena oli samping, oli samping malah bikin bersih rantai, bukanny melumasi
4. terkena air accu zuur, bisa korosi
3. terlalu kendur rantai bisa lepas, terlalu kencang rantai bisa putus

bila rantai dah kendur banget dan kaku atau kita sebut RANTAI RUSAK, ada cara perbaikannya, bisa pakai lagi cukuplah sampai abis gajian baru beli gantinya.
caranya:
cuci rantai dengan deterjen sampai bersih dan rebus OLI FILTRASI pada wajan, bila mendidih maka cemplungin rantai yang telah dicuci tadi ke wajan berisi oli mendidih tersebut selama…. paling lama 30 menit. cara ini disebut re-forged, dan cara ini juga dipakai oleh pabrik untuk melumasi rantai sebelum dipaking dan dikemas.

OLI FILTRASI adalah oli bekas yang telah melalui proses pengendapan, yang artinya oli ini didiamkan dalam wadah minimal 1 bulan, fungsi pengendapan adalah untuk memisah kotoran yang telah bercampur selama oli digunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s